WelCoMe tO My bLoGzzz

Blog Gudangnya materi tekpend
lengkap kap kap....
ga nyesel dwehhh buka blog nieh
hey...hey..
welcome...wilujeng sumping...

Senin, 05 Januari 2009

Jurnal Teknologi Komunikasi 3G

Laporan Jurnal Teknologi Komunikasi 3G dari Sudut Pandang Media Komunikasi Komputer.

Saat ini dunia komunikasi telah berkembang dalam berbagai aspek, yang ditandai munculnya suatu fenomena komunikasi dengan berbagai media yang bermunculan. Hal ini tidak lepas dengan teknologi yang terus berkembang, yang tentu saja membawa dampak pada lahirnya media komunikasi baru.

Media saat ini telah mncapai new media, menggunakan media interaktif yang diawali oleh diciptakannya computer yang disebut dengan Computer Mediated Communication. Jhon December mendefinisikan CMC sebagai suatu proses komunikasi manusia melalui computer, yang melibatkan manusia dalam berbagai situasi yang melibatkan proses pembentukan media untuk berbagai macam tujuan. Secara sederhana pula Susan Herring menyatakan bahwa CMC adalah komunikasi yang mengambil tempat di antara manusi melalui instrument computer (Thurlow, 2004:15)

Seiring dengan perkembangan teknologi maka munculah Internet pada tahun 1960 yang terus berkembang hingga sekarang. Komunikasi semakin tak terbatas. CMC tidak hanya merupakan komunikasi melalui media computer semata, CMC telah merambah pada teknologi mobil phone atau cell phone. Fitur – fitur yang ada dalam sebuah mobile phone telah menyerupai fungsi sebuah computer. Dengan adanya penggabungan PDA dengan inovasi teknologi sehingga munculah apa yang disebut sebagai smart phone.

Menurut ensiklopedia maya Wikipedia, 3G merupakan singkatan dari Third Generation Teknologi adalah suatu teknologi yang mengimplementasikan pada mobile phone yang memberikan kemampuan untuk transfer data secara stimultan baik voice data, dan non voice data. Seperti melakukan download Informasi, email dan instant massaging. Fasilitas video telephony yang berkembang menjadi berbagai macam fitur layanan seperti video call, video mail, video conference, video Streaming dan lain sebagainya. 3G juga memungkinkan untuk mengakses internet dengan kecepatan tinggi. 2.6 Mbps Dengan High Speed Downlink Page Access dan tentu saja layanan itu disajikan dengan tampilan yang lebih baik.

Pembahasan :

  1. Digital Defice

Teknologi dalam dunia komunikasi telah membawa dampak kesenjangan social dalam masyarakat Digital Defice dibagi kedalam 3 bagian yaitu :

Digital Social Economy Defide

Dengan hadirnya 3G harga mobile phone yang menggunakan fasilitas 3G akibatnya melonjak. Secara praktis akan menimbulkan kesenjangan social di masyarakat. Karena pengguna 3G adalah mereka yang mempunyai penghasilan lebih. Belum lagi jika dilihat dari pulsa telephone yang menunggak akibat pemanfaatan 3G itu. Teknologi 3G masih merupakan teknologi Informasi terkini yang memiliki harga jual tinggi. Tetapi jika diliohat dari fenomena di Teknologi Komunikasi harga jual teknologi akan menjadi bertambah murah, hal ini disebabkan ditemukannya inovasi untuk pengurangan biaya produksi.

Digital Gender Devide

Untuk urusan Teknologi juga tampak pada gender. Teknologi Smart Phone bisa dikatakan mengindikasi suatu gender pria. Karena Smart Phone merupakan fasilitas yang dilengkapi dengan fitur computer terutama dalam mengoprasikan dokomen dan agenda bisnisnya. Hingga sampai pada melakukan transaksi dengan online Banking. Para pekerja yang umumnya adalah pria meskipun ada saja wanita karier.

Namun setelah dikaji ulang Smart Phone tidak hanya bisa dikatakan hanya ada gender tertentu yang banyak menggunakan teknologi tersebut. Dalam 3G menyediakan layanan berupa Entertain dan kekeluargaan tentunya semua gender menyukai itu. Dalam Video call misalnya, itu tidak nampak adanya indikasi gender karena pada hakikatnya semua orang sangat menyukai komunikasi secara face to face. Dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan layanan yang ada pada 3G tidak mengindikasikan adanyua penekanan pada gender.

Digital Intelectual Devid

Penggunaan 3G sangat mudah dan cepat tidak membutuhkan tingkat intelektual yang tinggi. Yang terpenting disini adalah pengetahuan pengguna terhadap layanan 3G itu sendiri. Dan yang terpenting adalah menenemkan kesadaran akan manfaat 3G dari berbagai kalangan

Jika upaya pengenalan 3G tidak digalakan maka pemakaian teknologi 3G hanya terbatas pada kalangan terpelajar saja atau kaun intelektual saja.

  1. Anti Social Behaviour

Dalam CMC banyak pendapat yang menyebutkan sisi-sisi buruk akibat berkomunikasi media computer. Kemudian antisociality atau CMC dikatakan mempunyai dampak negative terhadap komunikasi relasi secar offline, yaitu mengurangi makna komunikasi dan relasi di dunia nyata yang digantikan dengan suatu bentuk komunikasi media teknologi.

Sebenatnya pendapat ini sudah dapat dibantah, karena teknologi CMC khususnya internet telah berkembang dengan adanya kecanggihan wabcam misalnya kita dapat melakukan komunikasi face to face dengan melihat lawan bicara.

Kelebihan teknologi 3G dibandingkan Wabcam yaitu bersifat mobile dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kelemahan 3G adalah bahwa belum ada teknologi yang dapat mempresentasikan indera perasa dan peciuman. Jadi dapat disimpulkan secanggih apapun teknologi komunikasi, sampai pada 3G yang tidak akan pernah bisa menghadirkan komunikasi jarak dekat hingga benar-benar nyata.

  1. Online Ethnic Prifacy

Etika tersebut terkait dengan bagaimana menjadi privacy seseorang yang sedang berkomunikasi. Ternyata banyak pihak-pihak yang menggunakan teknologi komunikasi untuk menjalankan tindak-tanduk kejahatan atau yang biasa disebut cybercrime.

Sebenarnya sudah banyak upaya untuk menjaga privacy seseorang. Seperti diberlakukannya username dan password untuk mengakses account pribadi seseorang. Namun ternyata kejahatan online lebih canggih dari pada itu. Seperti adanya junk mail atau spam yaitu email yang dikirim secara massal oleh marketing perusahaan cyber. Sebagai bentuk aksi pemasaran. Adware, dengan cara menanan software asing ke dalam computer pribadi seseorang tanpa ijin terlebih dahulu untuk kepentingan promosi.

Saat ini yang dapat dilakukan adalah berharap agar para ahli dapat mengimbangi inovasi kecanggihan teknologi komunikasi dengan terus mengembangkan dan menciptakan teknologi system pengamanan yang tepat bagi privasi pengguna 3G.

Online Identity

Sering terjadi seseorang memiliki multiple identity atau identitas ganda pada saat berkomunikasi di dunia maya. Tidak ada yang dapat mencegah pemalsuan identitas pada CMC. Hal itu tergantung dari pengguna itu sendiri apakah akan berperan sebagai identitas asli atau tidak. Namun uniknya justru dengan identitas palsu tersebut seseorang bisa menjadi terbuka mengenai siapa dirinya.

Dengan teknologi 3G maka identitas diri dapat mudah diatasi. Jika kita dapat berkomunikasi jarak jauh secara face to face melalui layanan video call.

Cybercrime

Kejahatan di dunia cyber telah menjadi persoalan dalam dunia CMC seperti pembobolan rekening, sampai pada email spam yang mengandung virus yang dapat merusak perangkat computer atau telepon genggam. Menyikapi Cybercrime yang ditenggarai semakin terjadi para pengguna juga harus waspada jangan sampai menanggapi ajakan untuk menerima percakapan video call yang tidak jelas identitasbta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar